Sabtu, 05 Agustus 2017

ANALISIS KUANTITATIF SOAL NON TES




Teknik penilaian nontes adalah suatu teknik penilaian yang biasanya dipergunakan untuk mendapatkan informasi tertentu tentang keadaan peserta tes ( testee) dengan tidak menggunakan tes. Hal ini berarti bahwa jawaban yang diberikan oleh peserta tes tidak bisa dikategorikan sebagai jawaban benar atau salah sebagaimana interpretasi jawaban tes. Tujuan utama dilakukannya penilaian dengan teknik non tes adalah  untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan evaluasi hasil belajar peserta didik dari segi ranah sikap hidup (affective domain). Menurut Bloom (Gabel, 1986: 2) ranah afektif sama pentingnya  dengan  ranah kognitif. Ranah afektif meliputi attitude (sikap), self-concept (harga diri), interests (minat) dan value ( nilai).  
Untuk mengukur seberapa baik suatu instrumen non tes  maka diperlukan analisis. Tujuan dilakukannya analisis ini adalah untuk mengetahui kualitas instrumen, apakah instrumen tersebut dapat diterima karena telah didukung data statistik yang memadai, diperbaiki karena terbukti terdapat beberapa kelemahan, atau bahkan tidak digunakan sama sekali karena terbukti secara empiris tidak berfungsi sama sekali. Analisis pada umunya dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu analisis kualitatif (qualitative control) dan analisis kuantitatif (quantitative control). Analisis kualitatif sering dinamakan sebagai validitas logis (logical validity) yang dilakukan sebelum soal digunakan. Analisis soal secara kuantitatif disebut juga sebagai validitas empiris (empirical validity) yang dilakukan untuk melihat berfungsi tidaknya sebuah instrumen, setelah soal itu diujicobakan pada sampel yang representatif. Analisis kuantitatif instrumen nontes dilakukan dengan membuktikan validitas isi dan estimasi reliabilitas terhadap data yang diperoleh setelah instrumen diujicobakan.

Untuk lebih lengkapnya materi ANALISIS KUANTITATIF SOAL NON TES dapat diakses pada link berikut https://drive.google.com/file/d/0B3BjPhNVLJC6R1Baa2F6bU1RY0k/view?usp=sharing

Sekian dan terimakasih
Matur tampiasih................... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar