Sabtu, 05 Agustus 2017

Contoh Kisi-kisi wawancara kepada siswa

Dalam rangka mengetahui sejauhmana tingkat efektifitas pembelajaran matematika disekolah, tentu perlu dilakukan evaluasi dalam rangka mencapai hasil yang baik. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan wawancara kepada siswa.
Berikut ini contoh kisi-kisi pertanyaan wawancara kepada siswa dalam rangka mengevaluasi proses pembelajaran matematika di kelas.



Pedoman Wawancara Siswa

No.
Komponen
Pedoman Wawancara
1.
Kurikulum
1.      Kurikulum apa yang diterapkan di sekolah saudara?
2.      Apakah, saudara mengalami perubahan kurikulum yang dari Kurikulum 2006 ke kurikulum 2013?
3.      Jika saudara mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 ke 2013, perbedaan apa yang saudara rasakan terhadap kurikulum yang baru?
2.
Perangkat Pembelajaran
1.      Apakah setiap pembelajaran diawal semester guru mensosialisasikan materi untuk 1 semester?
2.      Jika iya, dalam bentuk apakah guru menyampaikannya?
3.      Apakah guru memberikan informasi mengenai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ?
4.      Jika siswa tidak mencapai KKM, apakah ada tindak lanjut yang dilakukan guru?
3.
Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar
Pembukaan
Awal Pembelajaran
1.      Apakah guru memberikan salam di awal kegiatan pembelajaran?
2.      Apakah guru mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran?
3.      Apakah guru menanyakan materi sebelumnya yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari?
4.      Apakah guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?


Kegiatan Inti
1.           Menurut saudara, bagaimana cara mengajar guru di kelas? Apakah menyenangkan atau membosankan?
2.           Apakah guru sering menggunakan media pembelajaran? Jika iya, media apa yang sering digunakan guru dalam mengajar?
3.           Bahan ajar/sumber belajar apa saya yang digunakan untuk belajar di kelas?
4.           Apakah cara mengajar guru selalu sama (tanpa variasi)?
5.           Apakah guru selalu mengajak siswa aktif dalam pembelajaran di kelas?
6.           Apakah saudara selalu ikut serta bertukar pikiran dalam berdiskusi dan memecahkan masalah?
7.           Apakah saudara selalu ikut berpendapat dalam kegiatan diskusi kelas?
8.           Apakah saudara sering mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di kelas? Jika iya, bagaimana cara saudara mengatasi kesulitan tersebut?
9.           Pada saat proses pembelajaran baik saat diskusi kelompok ataupun individu, apakah guru sering memberikan bantuan kepada siswa? Jika iya, apakah pemberian bantuan dilakukan secara merata?
10.       Apakah guru selalu memberikan soal evaluasi di akhir proses pembelajaran?


Kegiatan Penutup:
1.      Dalam memberikan umpan  balik kepada siswa, apakah guru bersama dengan siswa menyimpulkan apa yang telah dilakukan selama pembelajaran pada hari ini?
2.      Dalam memberikan umpan balik kepada siswa, apakah selanjutnya guru bersama dengan siswa menemukan manfaat langsung ataupun tidak langsung kepada siswa?
3.      Ketika Guru mengadakan Penilaian harian berupa tes, apakah saudara pernah mendapatkan nilai di bawah KKM?
4.      Jika saudara pernah mendapatkan nilai di bawah KKM, apakah saudara diminta mengerjakan ulang soal yang yang telah diberikan ataukah hanya soal-soal yang salah?
5.      Jika saudara sudah mencapai nilai KKM atau di atas nilai KKM, apakah guru meminta saudara untuk melakukan pengayaan atau saudara yang meminta pengayaan kepada guru?
6.      Setelah pembelajaran selesai, apa saja yang diberikan oleh guru dalam melakukan kegiatan tindak lanjut dalam pemberian tugas baik secara individu atau kelompok?
7.      Apakah guru memberikan informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya?

Penilaian
1.      Mekanisme Penilaian
-          Bagaimana cara guru matematika saudara menilai hasil belajar siswa?
2.      Prinsip Penilaian
-          Apakah guru matematika saudara pilih kasih dalam menilai hasil belajar siswa?
3.      Bentuk Penilaian
-          Apakah guru matematika saudara menilai keaktifan siswa dikelas atau hanya menilai hasil ulangan saja?
-          Apakah guru matematika saudara memberikan apresiasi kepada siswa yang memiliki keterampilan lebih?
4.      Tujuan Penilaian
-          Apakah guru Matematika saudara melakukan perubahan cara mengajar stelah melakukan penilaian atau masih seperti biasa?
-          Bagaimana sikap guru matematika saudara jika ada siswa yang belum mencapai KKM, apakah melakukan remidial dalam bentuk ujian ulang atau  belajar kembali pada materi yang belum difahami?

sekian dan terimakasih.............
Matur tampiasih..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar