Sabtu, 05 Agustus 2017

Membuktikan Validitas Isi dengan Indeks Aiken


Validitas isi ditentukan menggunakan kesepakatan ahli. Kesepakatan ahli bidang studi atau sering disebut dengan domain yang diukur menentukan tingkatan validitas isi (content related). Hal ini dikarenakan instrumen pengukuran, misalnya berupa tes atau angket dibuktikan valid jika ahli (expert) meyakini bahwa bahwa istrumen tersebut mengukur penguasaan kemampuan yang didefinisikan dalam domain ataupun juga konstruk psikologi yang diukur. Untuk mengetahui kesepakatan ini, dapat digunakan indeks validitas, diantaranya dengan indeks yang diusulkan oleh Aiken (1980; 1985). Indeks validitas butir yang diusulkan Aiken ini dirumuskan pada formula 2.1. V adalah indeks validitas butir; s skor yang ditetapkan setiap rater dikurangi skor terendah dalam kategori yang dipakai (s = r – lo, dengan r = skor kategori pilihan rater dan lo skor terendah dalam kategori penyekoran); n banyaknya rater; dan c banyaknya kategori yang dapat dipilih rater.
Berdasarkan pendapat tersebut, V merupakan indeks kesepakatan rater terhadap kesesuaian butir (atau sesuai tidaknya butir) dengan indikator yang ingin diukur menggunakan butir tersebut. Jika diterapkan untuk instrument pengukuran, menurut seorang rater maka n dapat diganti dengan m (banyaknya butir dalam satu instrumen).

Lebih lengkap contoh perhitungan Indeks Aiken dapat diakses pada link berikut : https://drive.google.com/file/d/0B3BjPhNVLJC6ZW1CdXlyd2VJSzA/view?usp=sharing

sekian dan terimakssih
Matur tampiasih...................

2 komentar:

  1. Izin bertanya menentukan kriteria Aiken v sedang dan tinggi darimana ya kak? Apakah untuk semua rater sama?

    BalasHapus